Monday, July 22, 2013

Serba Serbi Komik Silat China

Sejak lama sekali Tiongkok sudah mengekspor komik-komiknya ke Indonesia jauh sebelum demam manga (komik Jepang) mulai masuk. Komik Tiongkok atau nama kerennya "Manhua" yang masuk Indonesia adalah kebanyakan bertema kungfu atau beladiri dan berlatar belakang Tiongkok kuno maupun modern. Beberapa Manhua yang pernah atau sedang populer di Indonesia saat ini:
1. Tapak Sakti

Mungkin buat para pembaca cowok yang lahir di tahun 70-80an pasti mengenal komik satu ini. Berkisah mengenai seorang jago silat bernama Sembilan Benua yang berusaha menemukan dan menyatukan keponakan kembarnya yang sudah dipisahkan sejak lahir. Komik ini tak terhindar pula dari sentuhan Buddhism yang mana memang sangat kental dalam kultur China.
2. Tiger Wong (sudah ada remake terbaru dengan judul Long Hu Men)

Bercerita soal suatu kelompok anak muda yang dipimpin oleh Tiger Wong untuk menghancurkan mafia/triad yang meraja lela di Hongkong. Bagi yang gemar menonton film-film Hongkong pasti juga merasa sangat familiar dengan situasi yang disajikan di komik ini.
3. Legenda Putra Langit

Kalau yang ini latar belakang ceritanya mengambil zaman kerajaan Tiongkok kuno. Dengan ilmu silat yang tinggi para Raja saling berebut kekuasaan. Uniknya komik ini menggunakan tokoh Kaisar Zhou sebagai tokoh penjahat utama dimana memang para ahli sejarah mencatat ada Raja Zhou yang terkenal lalim tapi selain daripada itu semua tentu saja hanya fiksi belaka.
dll.
Karakter dalam Manhua biasa digambarkan serius dan detil goresan gambarnya dibuat mendekati realistis. Berbeda dengan Manga, Manhua biasa dibuat full color (berwarna).
Bagi yang tertarik untuk membeli versi digitalnya bisa menghubungi saya di sapiijo@gmail.com. Harga dijamin sangat murah!!


No comments:

Post a Comment