Friday, July 12, 2013

Arti Warna Dalam Tradisi China

Budaya Tionghoa sangat suka memberikan arti atau filosofi pada suatu objek seperti binatang, rasi bintang, tulisan/karakter dan tidak ketinggalan pula: Warna!!

Beberapa warna yang dominan dipakai untuk mewakili suatu arti adalah:
1. Hitam
Ternyata diasosiasikan dengan air, netral. Sedikit berbeda dengan budaya Indonesia yang mengartikan hitam sebagai simbol kegelapan atau kesedihan. Contoh penggunaan warna hitam dalam budaya Tiongkok adalah pada simbol Taichi (yin dan yang) menggunakan warna hitam (yin) dan putih (yang).
Yin Yang menekankan keseimbangan 
2. Merah
Merujuk pada api, keberuntungan dan kebahagiaan. Ini warna kesukaan orang Tionghoa, makanya dalam perayaan-perayaan yang membahagiakan seperti pernikahan atau tahun baru.
3. Hijau
Melambangkan kesehatan dan harmoni. Tapi juga terkadang memiliki arti konotasi yang negatif: orang murtad. 
4. Putih atau perak
Memiliki arti terang dan kemurnian. Tapi juga memiliki arti sedang berduka cita. Biasa keluarga yang sedang berduka cita akan memakai pakaian semua putih.
5. Kuning atau emas
Kalau warna yang ini adalah yang paling top dalam budaya Tiongkok. Artinya keberuntungan dan kelimpahan. Biasa dipadukan dengan warna merah untuk melambangkan emas. Oleh sebab itu hal-hal yang berkaitan dengan Kerajaan seperti jubah Kaisar, singgasana, altar maupun kuil banyak menggunakan warna kuning atau emas.
Biksu Tao ketika memimpin acara keagamaan juga memakai jubah warna kuning atau merah


No comments:

Post a Comment