Saturday, August 3, 2013

Mencari Hari Baik dan Hari Buruk Menurut Orang China

Masih berkaitan dengan feng shui, ternyata juga ada ilmu di dalamnya untuk "meramal" hari baik atau hari buruk untuk melakukan aktivitas. Kapan hari baik atau buruknya berbeda untuk setiap orang tergantung dari shio (zodiak China) masing-masing dan waktu terjadinya aktivitas berdasarkan kalender lunar Chinese.
Bahkan untuk mengetahui lebih detail lagi informasi mengenai buruk-baiknya hari tersebut bisa menggunakan tabel bazi (empat elemen) untuk menerawang energi bawaan masing-masing orang.
Contoh Bazi elemen

Orang china mempercayai bahwa siklus tahun, bulan dan hari dikuasai oleh 12 elemen shio yang secara bergantian menjadi "Penguasa." Contohnya pada tahun 2012 adalah tahun naga, maka pada tahun tersebut  yang ber shio naga akan mencapai keberuntungan, 2013 adalah tahun ular, lalu 2014 adalah kuda....dst. Begitu juga dengan bulan dan hari, setiap shio secara bergantian "menguasai" bulan dan hari. Setiap shio juga memiliki "lawan atau anti"-nya. Shio naga memiliki lawan shio anjing. Sehingga pada tahun naga, setiap hari yang dikuasai anjing adalah hari yang kurang baik, karena anjing "bertentangan" dengan naga yang sedang berkuasa pada saat itu. Demikian juga dalam bulan dan hari juga bisa terjadi pertentangan antar shio. Berikut adalah tabel shio dan lawannya:
Tabel shio dan lawannya

Beberapa rujukan lain mengenai hari buruk adalah
1. 8 hari buruk dalam 1 tahun adalah tanggal 21 dan 22 dalam bulan Maret, Juni, September dan Desember.
2. 8 hari terakhir setiap musim berdasarkan kalender lunar Chinese. Biasa sekitar tanggal 6 dan 7 dalam bulan Mei, Juli, Agustus, dan November.
3. Ada juga yang percaya bahwa 5 hari sebelum dan sesudah gerhana matahari dan gerhana bulan adalah hari buruk, tapi yang ini hanya sedikit saja yang menggunakan.
Walaupun menulis mengenai hari baik dan hari buruk, bukan berarti penulis mempercayai hal ini. Bagi saya "takdir" manusia tidak bisa diprediksi secara akurat oleh manusia manapun dengan metode apapun, oleh sebab itu sangatlah penting untuk menggunakan setiap hari yang ada secara maksimal dan juga mengandalkan Tuhan untuk memberi kekuatan ketika kita gagal dan juga bersyukur ketika berhasil.

Note: tulisan ini diinspirasi dari http://www.loktinfengshui.com
 

No comments:

Post a Comment